nurhasan.WordPress.com

Chlamydia trachomatis

Chlamydia trachomatis

Kerajaan : Bacteria
Filum : Chlamydiae
Ordo : Chlamydiales
Famili : Chlamydiaceae
Genus : Chlamydia
Spesies : C. trachomatis

Chlamydia trachomatis adalah salah satu dari tiga spesies bakteri dalam genus Chlamydia, famili Chlamydiaceae, kelas Chlamydiae, filum Chlamydiae, domain Bacteria.
Chlamydia trachomatis adalah agen chlamydial pertama yang ditemukan dalam tubuh manusia. Bakteri ini pertama kali diidentifikasi tahun 1907.
Infeksi Chlamydia trachomatis sering tidak menimbulkan gejala dan sangat beresiko bila terjadi pada ibu-ibu karena dapat menyebabkan kehamilan ektopik, infertelitas dan abortus. WHO memperkirakan 4 juta kasus baru pada ibu-ibu terinfeksi oleh Chlamydia trachomatis dan 50.000 diantaranya mengalami intertilitas, kehamilan ektopik dan abortus. Mekanisme terjadinya infeksi Chlamydia trachomatis telah dipelajari banyak peneliti, dimana MOMP (Major Outr Membrane Protein) merupakan suatu target penting untuk mencegah respons imun dari host, seperti neuralizing factor dan sel T. Berdasarkan adanya variasi nukleotida dari MOMP pada gen Omp-1 dan adanya inhibisi respon imun dapat menyebabkan mudahnya host terpapar oleh Chlamydia trachomatis. Setiap variasi nukleotida memperlihatkan berkurangnya imunitas seravor yang spesifik.
Infeksi Chlamydia trachomatis adalah infeksi paling umum bakteri menular seksual (IMS) diakui di seluruh dunia. Seluruh dunia, besarnya morbiditas terkait dengan infeksi klamidia menular seksual sangat besar. C.trachomatis adalah penyebab umum dari uretritis dan servisitis, dan sequelae termasuk penyakit radang panggul (PID), kehamilan ektopik, infertilitas tuba, epididimitis, proctitis dan arthritis reaktif. Peningkatan tajam di seluruh dunia dalam kejadian PID selama dua dekade terakhir telah menyebabkan epidemi sekunder infertilitas tuba dan kehamilan ektopik. PID klamidia adalah penyebab paling penting dicegah ketidaksuburan dan hasil kehamilan yang merugikan. Infeksi klamidia, seperti IMS secara umum, terutama masalah kesehatan perawatan seorang wanita sejak manifestasi dan konsekuensi yang lebih merusak kesehatan reproduksi pada wanita dibandingkan pada pria. Berdasarkan bukti yang tersedia, sekitar 20% dari wanita dengan infeksi saluran kelamin klamidia yang lebih rendah akan mengembangkan PID, sekitar 4% mengembangkan nyeri panggul kronis, infertilitas 3%, dan hasil kehamilan 2% merugikan. Namun, perkiraan ini didasarkan pada bukti yang relatif lemah. Penelitian tentang hubungan antara C.trachomatis dan aspek infertilitas pria sudah jauh lebih terbatas. Rejimen pengobatan saat ini direkomendasikan termasuk azitromisin dalam dosis tunggal atau doksisiklin selama 7 hari. Terapi ini sangat manjur. Manajemen tepat waktu pasangan seks sangat penting untuk mengurangi risiko infeksi ulang. Immunopathogenesis infeksi C.trachomatis adalah salah satu titik fokus utama penelitian saat ini menjadi Chlamydia. Infeksi klamidia mengisi prasyarat umum untuk pencegahan penyakit dengan skrining, infeksi klamidia yaitu sangat lazim, biasanya tanpa gejala, yang berhubungan dengan morbiditas yang signifikan, dapat diandalkan didiagnosis, dan diobati. Skrining program untuk C.trachomatis akan menjadi sangat penting dalam pencegahan jangka panjang gejala sisa. Biaya skrining hanya sebagian kecil dari biaya perawatan kesehatan yang timbul akibat komplikasi akibat infeksi klamidia tidak terdiagnosis dan tidak diobati. Strategi saat ini untuk mengendalikan C.trachomatis masih sangat tergantung pada klinik berbasis skrining pasien bergejala, dan belum berhasil. Perkembangan yang sangat sensitif dan spesifik tes amplifikasi asam nukleat untuk diagnosis infeksi klamidia telah menjadi kemajuan penting dalam kemampuan untuk melakukan program-program berbasis populasi skrining untuk mencegah komplikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: